Rabu, 30 November 2016

Pelatihan Penyusunan Dokumen UKL UPL

Standard






Dalam perkuliah penyusunan Dokumen Lingkungan seperti AMDAL dan UKL-UPL sudah dijelaskan secara mendasar. Namun, pada kenyataannya masih banyak pertanyaan dan kesulitan dalam menyusun sebuah dokumen lingkungan. Oleh sebab itu, maka Divisi LITBANG (Penelitian dan Pengembangan) berinisiatif untuk mengadakan sebuah Pelatihan Penyusunan Dokumen UKL UPL. Harapannya, mahasiswa (khususnya yang sudah mengambil MKA AMDAL) dapat menyusun sebuah dokumen lingkungan, seperti UKL UPL.
Dalam acara pelatihan kali ini, tutor dan pemateri langsung oleh Alumni Teknik Lingkungan angkatan 2010, bang Sarwo Edy Lewier yang saat ini sedang dalam masa studi S-2 dan bersama tim.

Acara selama 2 (dua) hari (26-27 November 2016) diawali dengan pemberian materi serta pengenalan perundang-undangan terkait dengan penyusunan dokumen lingkungan. Mahasiswa diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui dasar ilmu yang dimiliki sebelum memulai penjelasan dan menguji pemahaman mahasiswa setelah dilakukan penjabaran oleh tutor.

Penyusunan dokumen lingkungan UKL-UPL dilakukan dengan berkelompok, setiap kelompoknya terdiri atas kurang lebih 10 orang mahasiswa. Disini, mahasiswa dibentuk agar dapat bekerjasama menyusun dokumen dengan rekan lainnya dalam waktu sesingkat-singkatnya. Pada hari ke-2 dilakukan presentasi hasil penyusunan dokumen berbentuk simulasi sidang di depan tim teknis. Mahasiswa sangat senang karena mendapat ilmu dan pengalaman baru. Harapannya pelatihan seperti ini dapat membantu mahasiswa dalam dunia kerja nantinya.

Salam,
HMTL HEBAT 1617!

-grc

0 komentar:

Posting Komentar